ALASAN PENTINGNYA FOTO PRODUK BAIK DI PADI UMKM UNTUK TARIK BUYER BUMN BAGIAN I

Pasar Digital (PaDi) UMKM adalah platform digital pengadaan barang pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sinergi bersama BUMN untuk memonitor kontribusi BUMN terhadap UMKM di seluruh Indonesia. Fitur Platform digital pengadaan barang pemerintah ini meliputi Control Tower Dashboard yang menjadi pusat data dan informasi real time UMKM Indonesia, PaDi UMKM B2B yaitu Pasar Digital bagi BUMN untuk berbelanja langsung ke UMKM dengan konsep B2B, PaDi UMKM B2C yang membantu UMKM untuk mengakses pasar B2C lewat berbagai marketplace secara terpusat, dan PaDi UMKM Financing yang membantu pengembangan UMKM melalui fasilitas pembiayaan.


Berdiri sejak Agustus 2020, platform digital pengadaan barang pemerintah ini yaitu Pasar Digital UMKM memiliki beberapa pihak yang mendukung ekosistem Platform digital pengadaan barang pemerintah ini yang terdiri dari Pementerian BUMN dimana sebagai inisiator ekosistem platform digital tersebut dalam membangun tulang punggung perekonomian Indonesia. Lalu, Perusahaan BUMN sebagai pasar (buyer) produk lokal UMKM (sesuai aturan procurement), dan merekomendasikan UMKM binaan untuk bergabung dalam Platform pengadaan barang pemerintah ini. Pihak selanjutnya yang mendukung ekosistem Platform Digital pengadaan barang pemerintah  ini ialah BUMN financing sebagai fund owner yang menyediakan modal usaha dan produksi bagi UMKM. Pihak selanjutnya, yaitu Telkom Group sebagai penyedia platform digital dan orkestrasi ekosistem.

Alasan kenapa ketika Anda bergabung di Platform digital pengadaan barang pemerintah ini harus memiliki foto produk yang baik adalah Menarik pembeli, Di bisnis online, calon konsumen pasti akan menggunakan aplikasi, website marketplace atau e-commerce lainnya untuk mencari produk yang mereka inginkan. Setelah itu, pasti mereka akan mencari produk dengan mengetik produk yang mereka incar, seperti contohnya ‘laptop ram besar’ Kemudian, calon konsumen akan melihat-lihat produk ini dengan melihat foto produk, tidak membaca nama produk, harga ataupun keterangan lainnya di awal awal. Selanjutnya apabila ada foto produk yang menarik perhatian si calon pembeli, baru ia akan melihat harga dan detail produk di deskripsi. Dalam studi psikologi, perilaku ini terjadi karena umumnya manusia adalah makhluk visual, proses informasi yang kita dapatkan akan terproses lebih cepat melalui visual, seperti foto dan video. Apabila foto produk kamu tidak menarik dan harga tidak sesuai dengan apa persepsi mereka terhadap brand kamu, ucapkan selamat tinggal karena mereka akan langsung mengeliminasi produk kamu di dalam otak mereka.

Membangun Identitas Brand, Citra produk sangatlah penting untuk toko e-commerce karena menciptakan kesan pada pembeli. Foto produk ini meningkatkan deskripsi produk yang membuatnya menarik bagi pengunjung online shop. Tidak mungkin bagi pembeli untuk merasakan produk di online shop milik kita. Hal ini akan membuat mereka kesusahan dalam memilih produk terbaik dan sesuai. Sehingga mereka akan memilih untuk tidak membeli di online shop kamu karena terbatasnya foto produk atau foto produk kita yang mencuri dari internet atau toko orang lain yang tentunya membuat identitas brand kamu menjadi buruk.

Meningkatkan keputusan pembeli, Seperti yang kita lihat di poin kedua, pembeli online selalu kesulitan membeli barang di online karena mereka tidak bisa memegang dan merasakan produk yang akan dibeli. Hal ini dapat menjadi acuan kamu untuk memberikan foto produk yang sesuai, detail dan informatif untuk calon pembeli seperti warna, bahan dan desain. Didukung juga dengan kualitas fotografi yang baik, calon pembeli produk kita akan semakin yakin dengan brand produk kita. Jika calon pembeli sudah merasa yakin dengan brand produk kamu, peluang mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan sangat besar.

Post a Comment

0 Comments