Sebelum Sakit, Yuk Dapatkan Manfaat Gigi dari Asuransi Kesehatan!

Anda tentu sudah tahu bahwa kesehatan gigi dan mulut pun sama pentingnya. Oleh karena itu, jangan sampai Anda abaikan kondisinya, ya! Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut adalah dengan memilih asuransi kesehatan yang juga menawarkan manfaat gigi.

 


Mengapa Perawatan Gigi Secara Teratur Penting?

 

Ikatan Dokter Gigi Indonesia merekomendasikan agar masyarakat rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan, atau 2 kali dalam setahun. Dengan melakukan pemeriksaan berkala, Anda pun dapat mengetahui secara pasti seperti apa kebersihan gigi dan mulut Anda, serta mengetahui risiko masalah pada gigi dan mulut jauh lebih dini, seperti infeksi, gigi sensitif, dan gigi berlubang.

 

Dengan begitu, sebelum masalah pada gigi dan mulut tersebut berkembang jadi masalah yang lebih serius dan terlanjur menyebabkan sakit atau rasa tak nyaman, dokter gigi bisa langsung mengantisipasinya. Artinya, risiko sakit gigi yang parah juga bisa diminimalkan.

 

Hanya saja, masih banyak orang yang beranggapan kalau memeriksakan gigi adalah hal sepele, atau bahkan merasa takut untuk melakukan pemeriksaan gigi.Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengungkapkan bahwa di tahun 2019, lebih dari 95 persen masyarakat Tanah Air masih tidak ingin mengunjungi dokter gigi bahkan ketika sudah mengalami masalah gigi. Apakah Anda salah satunya?

 

Kalau iya, apa alasan yang menyebabkan Anda enggan mengunjungi dokter gigi, bahkan untuk pemeriksaan berkala sekalipun? Apabila biaya perawatan dan pengobatan gigi selama ini jadi alasan mengapa Anda merasa enggan untuk berkunjung ke klinik atau dokter gigi, sebenarnya ada solusi yang bisa bantu hapus kekhawatiran Anda yang satu ini, lho!

 

Asuransi Kesehatan untuk Perawatan Gigi

 

Produk asuransi kesehatan tentu sudah sangat familiar di telinga Anda, kan? Akan tetapi, tahukah Anda kalau asuransi kesehatan juga bisa menawarkan proteksi lewat manfaat perawatan gini? Adanya manfaat ini tentu akan sangat membantu Anda dari segi biaya. Sebab, biaya pengobatan dan perawatan gigi tidaklah sedikit.

 

Manfaat perawatan gigi ini pada dasarnya tersedia sebagai manfaat tambahan (rider) yang bisa Anda ambil atau tidak. Nah, keputusannya bergantung pada persetujuan Anda sebagai peserta asuransi saat mendaftar asuransi kesehatan. Sementara itu, jenis prosedur perawatan yang dapat di-cover oleh asuransi jenisnya berbeda-beda, tergantung pada perjanjian di dalam polis dan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

 

Apabila Anda membandingkan berbagai manfaat perawatan gigi yang disediakan oleh berbagai asuransi kesehatan, pada dasarnya apa manfaat yang Anda peroleh akan kembali lagi pada polis asuransi dan kesepakatan yang telah Anda setujui ketika pendaftaran di awal.

 

Hanya saja, apapun perusahaan asuransinya, semua sama-sama mengecualikan perawatan gigi yang masuk ke dalam kategori kecantikan atau estetika. Salah satu contohnya adalah pemasangan kawat gigi (braces), veneer, dan bleaching. Maksudnya adalah prosedur perawatan gigi yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penampilan gigi.

 

Memilih asuransi kesehatan swasta memang bisa jadi terasa lebih mahal, baik itu asuransi kesehatan individu maupun kumpulan. Meski begitu, asuransi kesehatan menawarkan begitu banyak manfaat. Salah satunya adalah opsi pelayanan dan perawatan gigi yang lebih baik karena Anda bisa bebas pilih sendiri rumah sakit yang Anda inginkan. Terlebih jika Anda memilih asuransi kesehatan dari perusahaan dengan jaringan yang sangat luas di seluruh Indonesia, sepert FWD Insurance. Dengan begitu, Anda bisa tentukan sendiri kelas layanan yang Anda inginkan. 

Post a Comment

0 Comments